Friday, July 6, 2012

Tips mengisi liburan anak murah meriah

Merencanakan liburan yang menyenangkan untuk anak anak tentunya harus menyesuaikan budget yang ada. Untuk sebagian besar orang liburan yang murah meriah merupakan pilihan.


Jangan sampai anak hanya bermain saja selama masa liburan. Liburan yang baik untuk anak tentunya harus meningkatkan perkembangan emosi, sosial maupun intelektual anak dalam melakukan hal yang fun dan kreatif. Dengan begitu, anak akan merasa gembira, nyaman, bertambah pengalaman yang mencerdaskan emosi,sosial maupun intelektual, sehat fisik maupun mental ketika berlibur.



Selalu luangkan waktu bersama untuk menemani anak-anak berlibur. Dan jangan berhenti untuk menemukan inovasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa membuat anak kreatif selama liburan.
Berikut ini tips agar liburan menjadi mengesankan tapi sesuai dengan isi kantong:
1. Kunjungi tempat-tempat menarik di kota Anda
Tidak harus pergi ke tempat-tempat yang jauh di luar kota, mulai merencanakan dan menjadwalkan di kertas, tempat tempat terdekat yang menarik untuk dikunjungi. Ajak anak anak ke museum,nonton bioskop sambil jalan jalan di mall atau sekedar jalan jalan pagi keliling lingkungan rumah juga disukai anak anak.
2. Mengikuti paket kegiatan program liburan kreatif dan fun
Carilah program liburan yang kreatif dan fun. Supaya anak ada kegiatan yang positip. Kegiatan menggambar juga bagus utk perkembangan kepribadian walaupun anak tidak menyukai gambar tapi setelah mengikuti gambar mereka menjadi lebih happy.


3.Berenang atau berwisata air di tempat terdekat.
Berenang atau sekedar bermain air bersama akan menjadi saat yang menyenangkan. Bawalah pistol air, jika memungkinkan, untuk meramaikan permainan air. Permainan yang dilakukan di air ini juga secara tidak langsung melatih otot-otot kamu dan juga melatih kelincahan gerak.

4. Liburan di rumah
Berlibur di rumah pun bisa mengasyikkan. Ajak anak-anak melakukan aktivitas baru yang belum pernah mereka lakukan, gali rasa ingin tahu mereka. Rangsanglah mereka untuk kreatif. Misalnya saja kita bisa memberikan buku bacaan yang menarik, lalu bimbing mereka untuk menceritakannya kembali. Jika perlu, berikan suasana dan perlengkapan yang mendukung cerita tsb. Membuat karya seni bersama atau melukis juga bisa menjadi alternatif kegiatan kreatif yang menyenangkan

5. Mengerjakan ketrampilan tangan
Asyiknya sih jika Ayah-Bunda ikut bersama-sama mengerjakan ketrampilan tangan ini bersama anak-anak. Misalnya bermain mencetak lilin mainan, atau membuat istana kertas. Kehabisan ide? Buku aktivitas anak yang banyak dijual akan memberikan ide-ide yang dapat dicoba.

6. Membeli dan mengerjakan buku aktivitas anak
Banyak sekali buku-buku yang menunjang kemampuan baca, hitung dan mengajak mereka untuk beraktivitas. Yang ini juga sepertinya lebih asyik dilakukan bersama-sama, yaitu Ayah-Bunda dan anak-anak. Seperti ini nih aktivitas yang dapat dilakukan dengan buku-buku aktivitas: menggunting, menempel, mencari jalan (permainan maze), mencari perbedaan dua gambar. Mau buku aktivitas yang murah-meriah pun banyak dijual. Cobalah pergi ke tempat-tempat penjualan buku yang sudah lewat masanya tetapi masih baru.

7 Menonton film
Nah, ini juga seru nih. Teman-teman dapat memilih untuk menonton film di rumah atau bioskop. Lebih hemat sih di rumah saja. Pilihlah film-film yang menyampaikan pesan moral yang berguna dan sesuai untuk anak-anak. Lebih seru, menontonlah bersama dengan pasokan makanan dan minuman ringan.

8 Wisata ke museum
Tentunya pilih museum yang cocok dengan usia kamu. Contohnya, Misalnya, di kota tempat tinggal teman-teman ada museum yang menyimpan kendaraan-kendaraan jaman perang…ini biasanya bisa menjadi sesuatu yang menarik bagi anak laki-laki.Atau bisa saja kalian bisa mengunjungi museum sejarah ini bisa menjadi tempat liburan sekaligus belajar. 


9. Membersihkan rumah bersama ayah dan ibu
Membersihkan rumah bersama memberikan manfaat psikologi positip untuk anak. Mereka diajarkan bekerjasama dari pada rebutan mainan. Juga memberikan suasana gembira untuk mereka.

(sumber dan inspirasi: kasakkusuk.com)

Ide lain :
Mengajak berkebun. Bisa hal yang sederhana seperti menanam toge dari kacang hijau dalam gelas aqua yang diberi kapas basah. Atau menanam cabe, tanaman hias. Kalau bisa menyediakan bibit sawi, mungkin lebih menyenangkan karena hasilnya lebih cepat dan bisa dimakan.
Memelihara ikan. Kalau di halaman masih ada tempat untuk membuat kolam walau kecil, kita gunakan untuk mengajak anak memelihara ikan.
Memasak. Ajak anak untuk membuat masakan yang mudah. Untuk anak usia kelas tinggi (3 SD keatas) bisa diajak memasak sayur, mulai mengupas sayuran, mencucinya, menghaluskan bumbu, dst.
Membuat kue yang harus dicetak: donat, kue2 kering. Kita yang membuat adonannya dan biarkan anak mencetak.
Mengunjungi saudara
Ziarah kubur
Mengunjungi tempat-tempat untuk menumbuhkan empati anak: panti asuhan, rumah singgah anak jalanan
Mengunjungi tokoh, guru atau ustadz
Mengajak anak ke perpustakaan anak atau perpustakaan umum
Membuat game family sendiri di rumah. Misal bermain tebak-tebakan, lempar bola pingpong ke gelas beling, mengubungi titik dengan mata tertutup dan yang lain memberitau jalannya, dll.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar penipu online

Cek data penjual